Tiga Pasangan Capres-Cawapres Lolos Tes Kesehatan

Tiga Pasangan Capres-Cawapres Lolos Tes Kesehatan

JAKARTA – Tiga pasangan bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dinyatakan lolos tes kesehatan. Tiga pasangan capres-cawapres ini juga dinyatakan bebas dari narkoba.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari dalam keterangannya, Jumat (27/10/2023) menyatakan, bahwa semua pasangan calon presiden dan wakil presiden Pilpres 2024 lolos tes kesehatan.

Kondisi kesehatan ini diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan pada ketiga pasangan capres-cawapres di RSPAD Gatot Subroto. Pemeriksaaan kesehatan dilakukan RSPAD Gatot Subroto berdasarkan permintaan dari KPU RI.

“Hasil pemeriksaan terhadap pasangan calon oleh tim pemeriksa dinyatakan bahwa bakal pasangan calon mampu menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden,”Ketua KPU RI membacakan hasil tes ketiga pasangan calon.

“Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, berdasarkan hasil pemeriksaan, mampu menjalankan tugas sebagai presiden dan wapres, dan keduanya bebas dari narkoba,” ujar Hasyim Asy’ari di Kantor KPU RI.

Kemudian lanjutnya kondisi kesehatan pasangan capres-cawapres lainnya, yakni Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Serta pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD, juga dinyatakan mampu untuk menjalankan tugas sebagai presiden-wakil presiden, serta bebas narkoba.

IKLAN

Kepala RSPAD Gatot Subroto Letjen Budi Sulistya menyampaikan, bahwa setiap bakal calon tidak mengalami kendala selama proses pemeriksaan kesehatan. Menurut Budi, kesimpulan atas kondisi kesehatan ketiga paslon dihasilkan melalui rapat pleno tim pemeriksa dari RSPAD Gatot Subroto.

“Pemeriksaan ini bertujuan untuk menilai apakah calon tersebut mampu atau tidak, serta bebas dari penyalahgunaan narkoba, untuk dapat melaksanakan tugas sebagai presiden dan wakil presiden jika terpilih nantinya,”jelasnya.

Pemeriksaaan secara bergantian dilakukan pada ketiga pasangan. Dimulai dari pasangan capres Anies Baswedan dan cawapres Muhaimin Iskandar. Keduanya  menjalani pemeriksaan kesehatan pada 21 Oktober 2023.

Baca Juga  Presiden Tegaskan Pentingnya Pendidikan Anak-anak

Lalu pada 22 Oktober 2023 giliran pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Selanjutnya pemeriksaan kesehatan dilakukan pada capres Prabowo Subianto dan cawapres Gibran Rakabuming pada 26 Oktober 2023. Atau sehari setelah pasangan capres-cawapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) secara resmi mendaftar ke KPU, 25 Oktober 2023. (CM)

Bagikan :
CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )