Cadangan Beras Jabar Aman Hingga Desember

Cadangan Beras Jabar Aman Hingga Desember

BANDUNG – Cadangan beras di Jawa Barat  masih aman hingga Desember. Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin memastikan cadangan beras di Jawa Barat masih aman hingga beberapa bulan ke depan. Cadangan beras Jawa Barat saat ini jumlahnya dipastikan mampu mencukupi kebutuhan hingga akhir tahun nanti.

“Cadangan beras masih aman sampai akhir tahun nanti. Dan  diperkirakan hujan akan mulai normal kembali pada November,” kata Bey. Dengan perkiraan hujan yang akan mulai normal pada November nanti,maka produksi beras akan kembali normal.

Sementara Sekda Majalengka, Eman Suherman, mengatakan, Pemkab Majalengka akan melakukan operasi pasar murah (OPM) khususnya beras.

Operasi pasar ini dilakukan menyikapi kenaikan harga beras  akhir-akhir ini. “Gejolak harga beras menjadi perhatian Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Majalengka. TPID  telah melakukan koordinasi dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin)  serta dinas lainya,”kata Sekda,Rabu (27/9/2023).

Untuk pelaksanaan OPM Sekda belum dapat memastikan kapan akan digelar.”Secepatnya, saat ini kami sedang menyiapkan teknis pelaksanaannya seperti apa,”ujarnya.

Sebelumnya Anggota DPRD Majalengka M.Fajar Sidik Ch meminta pemerintah daerah menggelar operasi pasar. Langkah itu dinilai perlu dilakukan Pemkab Majalengka guna mengatasi gejolak harga beras di pasaran.

IKLAN

”Kenaikan harga beras sebagai dampak kemarau tidak bisa dihindari. Dalam kondisi ini pemerintah daerah harus cepat melakukan langkah kongkrit dalam mengatasinya. Salah satunya dengan melakukan operasi pasar beras,”ujarnya.

Wakil Ketua Komisi II DPRD itu mendorong Pemkab Majalengka untuk melakukan komunikasi dengan Bulog. Komunikasi antara pemerintah daerah dengan Bulog harus segera dilakukan, sehingga tidak saling menunggu dalam mengatasi kenaikan harga beras yang telah mencapai Rp 15.000,- perkilogram untuk jenis medium. (CM-02)

Bagikan :
Baca Juga  BNPB Salurkan Bantuan Perbaikan Infrastruktur
CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )